top of page
  • Gambar penulisEditor

8 Cara Agar Kunci Remote (Keyless) Terus Bekerja Optimal

Yamaha STSJ selaku dealer utama sepeda motor Yamaha di Jawa Timur berbagi tips cara agar kunci remote (keyless) terus bekerja optimal.



OTOPLUS-ONLINE I Yamaha melengkapi produknya dengan fitur keamanan berupa kunci remote atau keyless.


Dengan adanya Smart Key System (SKS) ini pengendara enggak usah bingung cari motornya ketika lupa memarkirnya di mana.


Itu karena Smart Key System dilengkapi fitur Answer Back System. 


Agar bisa bekerja optimal kunci remote ini perlu dirawat.


Untuk itu, Yamaha STSJ selaku dealer utama sepeda motor Yamaha di Jawa Timur berbagi tips untuk merawat kunci remote (keyless).


"Teknologi Smart Key System yang canggih ini dapat memberikan keamanan pada sepeda motor yang digunakan, kami himbau untuk para pengendara juga dapat merawat dengan baik agar dapat awet digunakan serta bisa mendapatkan performa yang maksimal dari teknologi ini," ungkap Ilham Wahyudi, General Manager Service Yamaha STSJ.  


Berikut ini cara menjaga kunci remote (keyless) tetap bekerja optimal.


  1. Pastikan kunci remote selalu berada di dekat motor karena jika menekan knob secara paksa dan posisi kunci remote jauh dari motor akan menyebabkan kerusakan pada mekanisme kunci motor. Pastikan apabila menekan knob selalu berada di dekat motor. 

  2. Kunci remote atau SKS selalu dalam kondisi kering dan tidak terendam air. Meskipun sudah dilengkapi seal anti air, apabila kunci remote terjatuh dan kemasukan air dikhawatirkan akan menyebabkan hubungan arus pendek.

  3. Penyimpanan kunci remote atau sks bisa dijauhkan dengan radiasi elektromagnetik karena dapat menganggu sinyal pada kunci remote atau SKS, benda tersebut di antaranya adalah handphone, televisi dan benda lain yang sejenisnya.

  4. Pastikan apabila keadaan motor mati tekan tombol off pada remote, sebab apabila remote dibiarkan menyala akan menguras penggunaan baterai remote dan membuat aki drop.

  5. Ketahuilah bahwa apabila kondisi radius remote dengan sepeda motor terlalu pendek maka segera ganti baterai pada remote.

  6. Jangan menyimpan remote di bagasi motor atau rak yang ada pada motor. Konsumen bisa menyimpan kunci remote atau SKS pada tas agar meminimalisir terjadinya kehilangan motor.

  7. Selalu ingat dan jaga ID Key SKS, hal ini dapat dirahasiakan oleh pemilik motor untuk menjaga keamanan pada motor kesayangan kita serta dapat membantu apabila pemilik motor kehilangan kunci remote atau SKS. 

  8. Kunci remote juga dapat diberikan tambahan aksesoris seperti gantungan kunci. 


Teks: Indramawan

Foto: Yamaha STSJ

bottom of page