top of page
  • Gambar penulisEditor

FDR Day 2024 di GOR Delta Sidoarjo Berlangsung Meriah

Dihadiri ribuan biker dari Malang, Mojokerto, Sidoarjo dan Surabaya.


Puncak acara FDR Day 2024 diisi dengan penampilan dari pedangdut asal Sidoarjo, Arlida Putri dan Mr Jono & Joni, grup duo DJ Remix Dangdut dari Kediri.


OTOPLUS-ONLINE I FDR Day, ajang kumpul komunitas pengguna ban FDR kembali dihelat untuk kelima kalinya yang kali ini diadakan di GOR Delta Sidoarjo pada 28 September 2024 dihadir oleh ribuan biker dari Malang, Mojokerto, Sidoarjo dan Surabaya.


Seiak FDR Riding Culture dicetuskan tahun 2019 lalu, setiap acara kumpul bikers FDR Day bukan sekadar acara kumpul dan bersenang-senang.


Selain hiburan, PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR selalu menyisipkan acara edukasi dan aksi sosial untuk sesama. 


Diawali rolling thunder menyusuri jalan-jalan utama Kota Sidoarjo.


Acara dibuka dengan touring yang diikuti oleh komunitas FDR dari Malang dan Mojokerto.


Mengiringi arakan gunungan.


Kemudian dilanjutkan dengan acara kirab gunungan berisi berbagai macam produk dari FDR menyusuri jalan-jalan utama Kota Sidoarjo dan setibanya di lokasi aacara, dilanjutkan dengan pertunjukan Reog Ponorogo. 


Disambut tarian Reog Ponorogo.


Sepanjang hari pengunjung akan dihibur dengan berbagai pertunjukkan, kompetisi komunitas BMX, skateboard & breakdance. Ada juga pop up market dari puluhan UMKM.


Selain kompetisi skate board untuk komunitas sepeda BMX dan breakdance.


Termasuk penjual barang second hand untuk pengunjung yang tertarik untuk thrifting.


Bagi komunitas yang datang juga bisa ikuti beragam perlombaaan antar komunitas motor.


FDR kali ini berkolaborasi dengan Astra Pay.


"Ada banyak hal yang Sobat FDR dapat lakukan di acara FDR Day. Tidak hanya itu, FDR juga melakukan kegiatan sosial untuk berbagi dengan masyarakat sekitar di Sidoarjo yang jadi tuan rumah untuk FDR Day hari ini," kata Elsafan Rendianto, FDR Promotion Departement Head.


Tahun ini FDR Riding Culture difokuskan pada nilai "Safe" dan"Care."


Untuk mendukung hal tersebut, FDR memberikan ban gratis melalui program "Tire Exchange" kepada anggota komunitas Difabel Motorcycle Indonesia (DMI), sebanyak 60 pasang ban FDR untuk anggota komunitas DMI.


“Ban yang sudah aus atau kembangannya habis sudah tidak layak digunakan yang bahkan bisa jadi penyebab kecelakaan. Kami harapkan bantuan ini bisa membantu perjalanan motor teman-teman difabel jadi lebih aman dan nyaman," kata kata Zandhy Utama, direktur SRI.


Selain itu, FDR juga menyiapkan area Safety Riding dimana pengunjung bisa daftar belajar keselamatan berkendara dari instruktur yang sudah tersertifikasi.


"Kecelakaan sepeda motor masih jadi kecelakaan nomor satu di Indonesia sehingga edukasi bagaimana cara berkendara yang baik dan aman masih perlu dilakukan agar pengendara motor terhindar dari kecelakaan" ujar Zandhy.


Instruktur safety riding akan mengajarkan teori berkendara yang aman dan benar dari mula kelengkapan sepeda motor dan safety gear-nya.


"Nanti peserta juga langsung praktik pengereman dan slalom," kata Zandhy.


Kegiatan safety riding PT SRI berkolaborasi dengan  PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), main dealer motor Honda untuk wilayah Jawa Timur dan NTT.


Kegiatan safety riding adalah kolaborasi antara PT SRI dan PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), distributor sepeda motor Honda di Jawa Timur dan NTT sebagai bagian pra event Honda Bikers Day yang akan diadakan di Magelang bulan Oktober mendatang. 


"Dengan tema ‘Bersatu Untuk Indonesia’, FDR Day kali ini mengajak teman-teman komunitas untuk CARE terhadap lingkungan dengan bersama-sama menjaga lingkungan melalui  pengurangan sampah plastik yang sulit terurai," kata Adiyono Eko Parwanto, Presiden Direktur PT SRI.


Untuk itu FDR bekerjasama dengan "Bunda Rossa," yaitu bank sampah digital pertama di Sidoarjo.


Berdiri seiak Januari 2022, Bunda Rossa melakukan kegiatan pengumpulan sampah di sejumlah kecamatan di wilayah Sidoarjo.


Total ada 50 cabang dan ratusan warga yang jadi nasabah dimana mereka menyetorkan sampah-sampah plastik agar bisa diolah menjadi produk lain yang bisa bermanfaat FDR memberikan dua mesin pencacah plastik sehingga sampah plastik yang sudah dikumpulkan bisa dijual lebih tinggi ke pabrik pengelolaan limbah plastik.


"Harapannya semakin banyak masvarakat yang tertarik untuk mengumpulkan sampah plastik untuk diteruskan ke pabrik pengolahan sehingga sampah tersebut terus bermanfaat dan tidak terbuang sia-sia, " kata Taufik Nugraha dari bagian corporate social responsibility FDR. 


Selain itu, FDR turut memberikan 150 pot tanaman yang terbuat dari ban bekas untuk menghijaukan 7 RW di Kelurahan Magersari.


FDR juga memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat dengan menghidupkan kembali menghidupkan kembali sarana publik lapangan olahraga karang taruna Magersari, berupa pengadaan papan skor dan gawang sepakbola.


"FDR juga memberikan 30 pasang ban untuk mendukung mobilitas anggota karang taruna," kata Taufik.


Di acara ini FDR juga menggandeng PMI setempat agar pengunjung juga bisa berbagi dengan sesama melalui kegiatan donor darah.


Pengunjungan bisa mendapatkan berbagai promo menarik selama acara


Sebelum ditutup dengan pengundian hadiah grand prize motor bagi pengunjung yang beruntung.


Puncak acara FDR Day 2024 diisi dengan penampilan dari pedangdut asal Sidoarjo, Arlida Putri dan Mr Jono & Joni, grup duo DJ Remix Dangdut dari Kediri.  


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, FDR


Comments


bottom of page