top of page
  • Gambar penulisEditor

Wuih!!! Seperti Ini Rasanya Jajal Yamaha Nmax Turbo di Sirkuit GBT Surabaya


Yamaha STSJ Gelar NMAX Turbo Experience  di Sirkuit Bung Tomo pada 1 Agustus 2024 diikuti 250 peserta.


Bebas mengeksplor karakter dan kemampuan Nmax "TURBO" di sirkuit balap GBT Surabaya.


OTOPLUS-ONLINE I Antusias konsumen dan masyarakat yang luar biasa pada Yamaha NMAX “Turbo" mendorong Yamaha STSJ (PT Surya Timur Sakti Jatim), main dealer Yamaha area Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim dan Nusa Tenggara menggelar event bertajuk NMAX “TURBO” Experience.


Event yang diselenggarakan pada 1 Agustus 2024 ini memberikan kesempatan pada 250 peserta yang terdiri dari awak media, komunitas, rekanan dealer dan leasing untuk mengulik lebih dalam berbagai fitur teknologi dan pembaruan yang tersemat pada NMAX “TURBO”. 


Yamaha STSJ NMAX Neo, NMAX Neo S-Version, NMAX “Turbo” dan NMAX “Turbo” Tech Max untuk kegiatan ini.


Sirkuit Bung Tomo, Surabaya dipilih sebagai lokasi acara, lantaran di sirkuit sepanjang 1.140 meter ini para riders selain dapat merasakan sensasi seutuhnya dari performa dan akselerasi NMAX “TURBO” juga pengendalian Maxi-scooter produksi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) motor itu saat digunakan bermanuver di lintasan sirkuit.


Menjawab apa sih turbo di NMAX “Turbo”? Untuk dipahami, sensasi yang disuguhkan mesin dengan perangkat turbo adalah lonjakan tenaga.


Lonjakan tenaga itu akan muncul ketika perangkat turbo bekerja.


Nah sensasi lonjakan tenaga itulah yang disodorkan NMAX “Turbo”.


Namun tidak lewat aplikasi perangkat turbo melainkan inovasi pada transmisi yang dinamai Yamaha Electronic Continuosly Variabel Transmission atau YECVT.


Teknologi ini menghapus peran roller di CVT yang kemudian digantikan dengan ECVT Motor yang bertugas sebagai aktuator untuk mengerakkan primary pulley.


Riding Mode pada NMAX “TURBO” sendiri memiliki dua pilihan berkendara, yaitu T-Mode dan juga S-Mode yang dapat dioperasikan dengan menekan tombol Mode yang terletak switch holder di sisi kiri.


“Pergerakan ECVT Motor diatur oleh Transmission Control Unit (TCU) dari input yang diberikan oleh sensor motor position (Primary) dan sensor kecepatan (Secondary),” terang Ferry Nurul Fajar, Technical Education YIMM. Dengan ECVT Motor, memungkinkan rasio dikontrol secara elektronik, tak lagi mengandalkan gaya sentrifugal.


Kontrol elektronik pada sistem CVT inilah yang akan menghadirkan sensasi berkendara khas kendaraan turbo.


Yamaha membekali NMAX “Turbo” fitur mode berkendara yaitu T (Town) dan S (Sport). T-Mode menyuguhkan karakter berkendara smooth, sementara S-Mode membuat feeling akselerasi berkendara menjadi lebih agresif.


TFT Infotainment Display dengan Navigation System pada NMAX “TURBO” yang dapat mendukung mobilitas pada saat berkendara jarak jauh. 


“Mode berkendara ini berbeda maping pengapian dan durasi injeksi,” ungkap Ferry.


Kedua mode berkendara itu lantas dipadukan dengan Turbo Y-Shift dengan tiga tingkatan.


Dengan memainkan Turbo Y-Shift pengendara akan mendapatkan sensasi respon instan khas mesin turbo.


“Sensasi turbo didapat dari teknologi mesin Blue Core generasi ketiga yang dipadukan teknologi VVA, fitur mode berkendara dan YECVT,” pungkas Ferry.


NMAX “TURBO” Experience diawali dengan sesi edukasi.


Di sesi ini para pengendara dibekali materi mengenai Riding Mode serta penggunaan fitur Y-Shift.


Pengendara juga diberikan edukasi terkait safety riding yang disampaikan oleh tim Yamaha Riding Academy (YRA).


Rifany Widjaja, Deputy Director Sales & Marketing Yamaha STSJ.


“Untuk kegiatan spesial ini kami memilih lintasan sirkuit karena akan sangat cocok untuk mencoba performa serta berbagai fitur unggulan dari NMAX “TURBO”. Di sini para peserta bisa mencoba Riding Mode, Y-Shift hingga handling. Kami berharap setiap peserta bisa mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih optimal,” jelas Rifany Widjaja, Deputy Director Sales & Marketing Yamaha STSJ.


Ketika berkendara konstan kemudian mode berkendara kita pindahkan dari T ke S seketika putaran mesin akan naik antara 500-1.000.


Untuk tombol Y-Shift digunakan ketika kita butuh respon akselerasi dan deselerasi secara instan. 


Adapun cara pengoperasian fitur untuk menapatkan akselerasi yang optimal pada NMAX “TURBO” adalah sebagai berikut :


  1. Pada saat akselerasi tuas gas langsung dibuka full tanpa proses menarik tuas gas secara perlahan, otomatis Turbo Y-Shift 1 akan menyala baik di Mode T atau S dan bisa ditambahkan dengan memainkan Y-Shift ke 2 dan 3. Trik ini OTOPLUS-ONLINE maksimalkan saat melebas trek lurus Sirkuit Bung Tomo sepanjang 400 meter.

  2. Untuk mendapatkan sensasi “TURBO” secara maksimal. Penggunaan tombol Y-Shift atau “TURBO” bisa dengan cara membuka tuas gas atau RPM secara perlahan dan minimal pada 5.000 rpm, kemudian tekan tombol Y-Shift 1-3 baik di Mode T atau S maka sensasi “TURBO” bisa dirasakan secara maksimal. Dan untuk mendapatkan sensasi yang lebih agresif bisa menggunakan Mode S.

  3. Pada saat di Y-Shift 1-3 aktif di Mode T atau S cara menghilangkan atau menurunkan Y-Shift 1-3 dengan cara: 

  • Mengurangi atau menutup gas

  • Menekan tombol mode yang switch holder sisi kiri setang 


Efek deselerasi yang terjadi dengan memainkan switch Y-Shift, OTOPLUS-ONLINE rasakan amat membantu ketika kita membutuhkan engine brake seperti ketika akan masuk dan keluar tikungan.


Karakternya beda jauh dengan skutik lain yang tidak dilengkapi dengan teknologi ECVT yang cenderung mengandalkan rem.


Teks & foto: Nugroho Sakri Yunarto

コメント


bottom of page